Alasan Alkohol Bisa Memabukkan

Alasan Alkohol Bisa Memabukkan – Semua orang tahu, mengonsumsi alkohol dapat membuat mabuk. Akan tetapi, tak banyak yang tahu kenapa alkohol bisa menyebabkan efek mabuk pada tubuh manusia.

minuman memabukkan

Apa yang dilakukan alkohol pada tubuh kita?

Alkohol memilki kandungan banyak molekul, namun yang paling banyak yaitu ethanol. Molekul ini terdiri dari dua atom karbon yang bergabung dengan satu atom oksigen. Ethanol memiliki bentuk padat serta mudah larut dalam air. Ini menyebabkan ethanol bisa bergerak ke seluruh tubuh.

Ethanol yang masuk ke sistem pencernaan akan dilarutkan dalam air serta masuk ke aliran darah kemudian menyatu dengan membran sel. Bahkan, ethanol juga dapat masuk menembus ke jaringan, otot, kulit, dan juga otak.

Nucleus accumbens merupakan salah satu bagian yang berada di otak, pada bagian situlah alkohol bekerja. Area ini terletak di tengah otak serta bagian yang berkaitan dengan memori. Alkohol kemudian melepaskan dopamine pada nucleus accumbens. Hal tersebut yang menyebabkan orang merasa lebih tenang dan juga lebih baik.

Alasan Alkohol Bisa Memabukkan

Bukan hanya itu, hal ini membuat orang merasa lebih percaya diri serta banyak bicara. Meski orang terlihat lebih baik dan percaya diri, namun kenyataan yang terjadi, otak mengalami tekanan.

Alkohol tidak hanya berhenti sampai area nucleus accumbens saja, namun mulai menyebar ke seluruh bagian otak. Alkohol menghentikan komunikasi serta pergerakan bahan kimia antar reseptor saraf dalam otak, sehingga akan menyebabkan otak bekerja dengan sangat pelan.

Alkohol menekan saraf dan juga otak, sementara saraf mempengaruhi hampir semua fungsi tubuh. Alkohol yang cukup berlebihan akan membuat orang tertidur atau muntah. Akan tetapi lebih parah ketika alkohol menetap di otak. Alkohol akan menutup elemen-elemen otak yang melakukan pekerjaan penting. Tidak sedikit seseorang meninggal saat mabuk karena otak lupa caranya bernapas.

Kemudian, alkohol diproses dalam lever. Alkohol tidak merusak lever, akan tetapi zat dari alkohol yang sudah diproses itulah yang dapat menyebabkan kerusakan. Sementara itu, alkohol yang tidak diproses akan terus menyebar ke seluruh tubuh, keluar dalam bentuk urin dari ginjal, masuk ke kulit, dan juga paru-paru.

Itulah cara alkohol bekerja dalam otak dan seluruh tubuh sehingga bisa mempengaruhi otak dan lever hingga membuat orang mabuk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *