Alat Alat Laboratorium dan Kegunaannya

Alat Alat Laboratorium dan Kegunaannya – Apabila kita mendengar kata laboratorium mungkin kita akan membayangkan sebuah tempat penelitian dengan berbagai alatnya. Nyatanya dalam laboratorium mempunyai banyak alat yang digunakan dalam penelitian entah itu laboratorium kimia, bilogis, medis, dsb. Semua alat tersebut mempunyai fungsinya tersendiri yang dibutuhkan dalam penelitian di laboratorium tersebut.

Alat Alat Laboratorium dan Kegunaannya

Apabila kita bahas satu persatu tentu akan sangat banyak jenis alat dalam laboratorium sekaligus fungsinya. Karenanya disini kita akan membahas beberapa alat yang umumnya ada dalam laboratorium beserta fungsi singkatnya. Berikut adalah alat alat dalam laboratorium dan kegunaannya :

Alat alat laboratorium dan kegunaannya

1. Buret

Buret adalah alat dalam laboratorium kimia yang berbentuk seperti gelas yang dibuat dari kaca maupun plastik. Buret ini ada yang berwarna bening, namun ada juga yang berwarna gelas atau disebut dengan amber. Fungsi alat ini adalah untuk melakukan tirasi, ketika sedang melakukan tirasi maka sebaiknya buret jangan melebihi kepala. Hal ini adalah untuk mencegah cairan penelitian tumpah mengenai wajah kita.

2. Beaker

Beaker adalah alat laboratorium yang berguna sebagai penampung cairan kimia yang terbuat dari kaca maupun plastik namun tidak berfungsi sebagai pengukur. Karenanya skala dalam beaker bisa sangat lebar, beaker sendiri berukuran mulai dari 25 ml hingga 3 liter.

3. Erlenmeyer

Erlenmeyer merupakan jenis alat laboratorium yang digunakan untuk membuat larutan namun tidak berfungsi sebagai pengukur. Erlenmeyer akan digunakan pada saat titrasi yang memakai buret.

4. Funnel

Funnel atau corong berguna sebagai alat bantu untuk memindahkan larutan dari satu tempat ke tempat lain guna mencegah adanya tumpahan, alat ini sama halnya dengan corong pada umumnya.

5. Labu Ukur

Labu ukur adalah alat laboratorium yang digunakan untuk mengukur sampel penelitian. Labu ukur ada yang berwarna bening hingga gelap dengan volume mulai dari 5 ml sampai 5 liter. Labu ukur disini lebih difungsikan sebagai alat ukur dan bukan sebagai alat penampung karenanya tersedia dalam kelas A dan B.

6. Gelas Ukur

Apabila dalam labu ukur dapat berfungsi sebagai pengenceran larutan hingga tanda batas pada leher labu, berbeda dengan gelas ukur yang bisa mengukur dalam berbagai skala pengukuran sehingga akan lebih fleksibel dalam pengukurannya.

7. Pipet Volume

Pipet volume adalah alat laboratorium yang berguna sebagai penghisap dan umumnya berpasangan dengan karet penghisap atau filter. Pipet volume ini digunakan untuk menghisap cairan kimia, seiring perkembangan zaman membuat pipet volume kini sudah tersedia dalam model otomatis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *