Alkohol Denat Dalam Produk Kecantikan

Alkohol Denat Dalam Produk Kecantikan – Meskipun alkohol tidak pernah disebut sebagai bahan utama dalam semua jenis produk perawatan kulit, kemungkinan besar ada beberapa jenis alkohol yang dijumpai dalam skin care. Tidak semua alkohol yang digunakan dalam skin care merupakan alkohol yang sama, ada beberapa alkohol yang memang mempunyai pengaruh yang baik bagi kulit ada juga yang tidak.

alkohol denat

Salah satu jenis alkohol yang kerap kali terdapat dalam kandungan skin care yakni alkohol denat. Alkohol ini umumnya terkandung dalam serum, krim, masker, dan juga toner. Apa itu alkohol denat? Alkohol denat merupakan singkatan dari alkohol denaturasi (denatured alcohol). Alkohol ini umumnya digunakan pada produk kecantikan.

Pengertian Alkohol Denat

Alkohol denaturasi bisa digunakan untuk agen anti-foaming, astringen, anti-microbial, dan juga sebagai perantara agar bahan aktif pada suatu produk dapat lebih mudah masuk ke dalam kulit. Sekilas dari penjelasan tidak ada hal yang perlu dicemaskan dari alkohol denat ini karena merupakan kandungan yang umum terdapat dalam produk kecantikan.

Efek Alkohol Denat Dalam Produk Kecantikan

Alkohol denat tergolong ke dalam alkohol yang memiliki massa molekul rendah, sehingga dapat menimbulkan masalah kulit, seperti inflamasi, kemerah-merahan, gatal, dan juga komedo. Dikutip dari website simple, alkohol Denat, SD Alcohol, atau Isopropyl dapat menghilangkan minyak alami yang penting dari kulit, sehingga akan membuat kulit menjadi dehidrasi. Efek kulit dehidrasi bisa merusak sel-sel kulit dan juga skin barrier yang memiliki fungsi untuk melindungi kulit, kulit dengan mudah kehilangan kelembapannya, serta menyebabkan iritasi.

Hasilnya? Kulit pun akan menjadi kering, teriritasi, kasar, meradang, dan juga sensitif. Efek dari penggunaan alkohol denat pada kulit berbeda-beda. Pada kulit kering, alkohol denat membuat minyak alami pada kulit menjadi hilang serta kulit menjadi lebih kering. Adapun pada kulit sensitif, alkohol ini akan menimbulkan kemerahan hingga gatal-gatal.

Alkohol yang didenaturasi kerap digunakan sebagai zat aktif, dan biasanya dijumpai dalam produk perawatan kulit untuk kulit yang cenderung berminyak. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, untuk para pemilik kulit sensitif alkohol denat sebaiknya dihindari karena akan menimbulkan iritasi serta menimbulkan masalah baru. Pada umumnya, alkohol denaturasi dijumpai pada toner, micellar water, dan moisturizer gel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *