Bahaya Minum Alkohol Bagi Kesehatan

Bahaya Minum Alkohol Bagi KesehatanMengenai manfaat alkohol untuk kesehatan, pastinya sudah banyak informasi yang beredar akan hal itu. Alkohol sendiri dinilai mempunyai manfaat bagi tubuh dan bisa menurunkan risiko beberapa penyakit tertentu.

Bahaya Minum Alkohol bagi Kesehatan

Dibandingkan manfaatnya, ternyata masih lebih besar bahaya atau dampak alkohol bagi kesehatan. Apalagi, jika seseorang mengalami ketergantungan atau kecanduan alkohol. Alkoholisme adalah istilah yang sering digunakan untuk penyalahgunaan alkohol.

Dampak atau bahaya alkohol bagi kesehatan sangat bervariasi. Mulai dari masalah sistem pencernaan hingga berbagai kerusakan organ internal tubuh, seperti, jantung, hati, pankreas, dan gangguan kejiwaan. Mengkonsumsi alkohol dengan sering juga dihubungkan dengan munculnya kanker di tubuh manusia. 

Bahaya Minum Alkohol Bagi Kesehatan

Berikut ini beberapa bahaya alkohol bagi kesehatan manusia, antara lain :

1. Bicara Cadel

Pusat kontrol dari berbagai fungsi tubuh manusia adalah sistem saraf pusat, otak, dan sumsum tulang belakang. Dengan banyaknya minum alkohol dapat menyebabkan terganggunya fungsi saraf pusat Anda. Dan hal pertama yang akan muncul akibat gangguan sistem saraf pusat adalah gaya bicaranya yang cadel.

2. Gangguan Koordinasi Tubuh

Kemampuan koordinasi antara otak dan tubuh Anda dapat menurun akibat zat alkohol. Risikonya, Anda akan menjadi lebih sulit dalam mengontrol koordinasi tubuh diri sendiri. Efek atau kondisi minum alkohol akan lebih berbahaya apabila Anda mengoperasikan mesin atau mengendarai kendaraan.

3. Gangguan Memori dan Emosi

Membuat otak jadi sulit untuk membuat long-term memories merupakan efek lain yang dapat terjadi akibat minum alkohol.  Anda akan semakin sulit untuk berpikir rasional atau jernih dan Anda bisa mengalami gangguan kontrol emosi, short-term memories, serta penilaian terhadap sesuatu akibat rusaknya bagian lobus frontal otak.

4. Mengganggu Pencernaan Makanan

Dampak lain yang didapat akibat terlalu banyak minum alkohol adalah rusaknya  jaringan yang melindungi saluran pencernaan. Selain itu, alkohol juga dapat menghambat kinerja tubuh saat mencerna beberapa jenis makanan di usus. Efeknya, Anda akan mengalami gangguan pencernaan vitamin dan nutrisi.

5. Rasa Tidak Nyaman di Perut

Efek yang dirasakan bagi mereka yang mengalami kecanduan alkohol, biasanya akan merasakan diare, kembung dan perut penuh gas. Anda juga bisa mengalami kanker saluran pencernaan, seperti di hati, esophagus, mulut, usus besar dan tenggorokan untuk risiko jangka panjangnya. Ketika Anda juga punya kebiasaan merokok, risiko tersebut juga akan semakin meningkat.

6. Efek Negatif pada Sistem Sirkulasi

Dampak mengkonsumsi alkohol terlalu banyak  juga terdapat pada kesehatan pembuluh darah dan jantung. Contohnya, alkohol bisa menyebabkan gagal jantung, jantung kesulitan memompa darah ke seluruh tubuh, hipertensi, irama jantung yang ireguler hingga serangan jantung mendadak.

Selain itu Anda juga bisa mengalami anemia akibat gangguan penyerapan yang terjadi di saluran pencernaan sehingga Anda akan merasakan rasa lelah sepanjang hari.

7. Melemahkan Tulang dan Otot

Dalam jangka waktu lama, mengkonsumsi alkohol juga dapat menurunkan kekuatan pada tulang. Anda akan lebih berisiko mengalami patah tulang, akibat kebiasaan tersebut yang bisa membuat tulang menjadi tipis. Jika sewaktu-waktu Anda mengalami patah tulang akan mengalami proses penyembuhan yang lama.

Selain dampak bagi tulang, kebiasaan minum alkohol juga dapat menyebabkan otot jadi lemah. Hal tersebut bisa menyebabkan otot Anda menjadi lebih kecil atau atrofi, akibat tubuh terus menerus terpapar alkohol.

8. Mati Rasa dan Nyeri di Tangan dan Kaki

Kebiasaan minum alkohol selain merusak sistem saraf pusat juga dapat berdampak ke sistem saraf tepi, terutama di bagian ujung-ujung saraf kaki dan tangan Anda.

Anda akan merasakan kesemutan dan nyeri di kaki dan tangan merupakan salah satu dampak yang muncul secara perlahan. Apabila tidak segera ditangani, kondisi tersebut dapat berubah menjadi mati rasa.

9. Menyebabkan Disfungsi Ereksi pada Pria

Anggapan bahwa minum alkohol dapat membuat Anda lebih bergairah saat berhubungan seksual merupakan anggapan banyak orang. Namun, kenyataannya laki-laki yang terlalu banyak mengkonsumsi alkohol akan lebih berpotensi mengalami disfungsi ereksi dibandingkan mereka yang tidak. Kecanduan alkohol juga bisa menurunkan libido dan menghambat produksi hormon seks Anda.

10. Gangguan Kesehatan Reproduksi Wanita

Gemar mengkonsumsi alkohol dapat mengalami gangguan menstruasi bagi wanita. Gangguan tersebut akan berisiko membuat mereka menjadi tidak subur atau infertility. Bahkan apabila seorang wanita mengkonsumsi alkohol saat hamil, dapat berakibat atau berisiko tinggi untuk mengalami kematian janin di dalam rahim, kehamilan prematur hingga keguguran.

11. Menurunkan Sistem Imun

Zat alkohol bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh Anda. Hal itu juga akan berisiko membuat tubuh jadi mudah sakit karena kemampuan sistem imun rendah dalam melawan kuman penyebab penyakit.

12. Berkaitan dengan munculnya penyakit paru-paru

Orang-orang yang mengalami kecanduan alkohol akan lebih mudah mengalami penyakit infeksi paru-paru, seperti tuberkulosis dan pneumonia. Hal itu dapat terjadi karena menurunnya sistem imun, sehingga tubuh tidak mampu lagi melawan serangan kuman yang masuk ke paru-paru.

Itulah beberapa bahaya atau dampak bagi kesehatan yang dapat terjadi pada tubuh Anda apabila mengkonsumsi alkohol terlalu banyak. Usahakan sebisa mungkin untuk menghindari mengkonsumsi alkohol demi menjaga kesehatan tubuh, baik jangka pendek maupun panjang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *