Cara Pakai Termometer Inframerah

Cara Pakai Termometer Inframerah – Termometer inframerah adalah jenis termometer yang dapat mengukur suhu suatu objek tanpa harus menyentuhnya secara langsung. Termometer ini menggunakan sinar inframerah untuk mengukur radiasi termal suatu objek objek untuk mengetahui suhunya. Karenanya, dipasaran termometer ini juga sering disebut dengan termometer laser / non kontak / pistol.

Termometer ini akan mengukur jumlah energi inframerah dan emisivitas yang dipancarkan oleh suatu objek untuk mengukur suhu objek tersebut. Cara kerja termometer ini adalah dengan menangkap radiasi termal suatu objek dan menyalurkannya ke detektor. Radiasi ini kemudian akan diubah menjadi sinyal listrik dan diolah untuk mengetahui suhu objek sekaligus menampilkannya.

Cara Pakai Termometer Inframerah

Cara Pakai Termometer Inframerah

Pemakaian termometer inframerah umumnya digunakan pada objek yang bergerak, dikelilingi oleh medan elektromagnet, objek yang sangat panas, sulit dijangkau maupun objek yang berbahaya bila didekati. Dalam penerapannya, termometer inframerah banyak digunakan untuk mengukur objek seperti :

  • Mendeteksi awan dalam pengoperasian teleskop jarak jauh.
  • Mengukur suhu peralatan kelistrikan.
  • Mengukur suhu pasien yang tidak boleh disentuh.
  • Mengukur suhu pemanas atau oven.
  • Memeriksa titik panas pusat kebakaran.
  • Mengukur suhu bahan dalam industri.
  • dll.

Dimasa pandemi virus covid-19, penggunaan termometer inframerah telah banyak dilakukan bukan hanya di tempat pelayanan kesehatan saja namun juga di berbagai fasilitas publik. Meskipun bukan menjadi satu-satunya gejala seseorang terjangkit virus ini, namun demam adalah salah satu gejala yang ditimbulkan apabila seseorang terjangkit virus ini. Dengan menggunakan termometer inframerah, pendeteksian suhu orang yang tengah demam akan lebih mudah dilakukan.

Secara umum, cara pakai termometer inframerah baik untuk tubuh maupun objek lainnya adalah sama yaitu :

  1. Nyalakan termometer inframerah.
  2. Pastikan termometer dalam keadaan baik dan akurat.
  3. Tekan pelatuk termometer (seperti saat menggunakan pistol untuk menembak).
  4. Arahkan sinar inframerah pada objek yang akan diukur dan tahan selama beberapa detik.
  5. Setelah termometer selesai mengukur suhu objek maka hasil pengukuran akan ditampilkan pada layar LCD.

Jenis sensor pada termometer inframerah

Jenis sensor yang umum dipakai adalah :

  • Termometer Inframerah Titik

Jenis ini juga disebut dengan Pyrometer Infra Merah, penggunaannya adalah untuk mengukur pada titik tertentu atau objek dengan luasan yang sempit.

  • Sistem Pencitraan Garis Inframerah

Penggunaannya adalah untuk menentukan titik api pada suatu kebakaran dengan cara memindai daerah kebakaran secara berulang. Selain itu pada manufaktur yang menggunakan konveyer maupun proses jaring-jaring seperti lembaran kaca besar maupun logam yang baru keluar dari tungku, dll.

  • Kamera Inframerah

Termometer inframerah jenis ini didesain khusus sebagai kamera untuk memantau aktivitas suhu pada suatu tempat. Jenis ini membutuhkan banyak prosessor dan software dibandingkan sistem sebelumnya. Kamera inframerah banyak digunakan pada militer, memonitor suhu panas maupun dingin pada ruang kerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *