Fungsi Penting Alkohol dalam Kandungan Parfum

Fungsi Penting Alkohol dalam Kandungan Parfum – Selama ini ada berbagai pendapat tentang kegunaan alkohol dalam parfum. Ada yang berpendapat bahwa alkohol memang dibutuhkan untuk menyebarkan wangi parfum, dan ada juga yang beranggapan bahwa parfum yang baik tidak seharusnya mengandung alkohol. Maka, sebenarnya, manakah yang benar? Sebetulnya, apakah kegunaan alkohol dalam parfum?

parfum

Liviana Oktora, Brand Manager PT. Izone Indonusa mengatakan bahwa alkohol sebenarnya memiliki fungsi untuk menyatukan zat-zat dalam parfum. Tidak hanya itu, substansi ini juga memiliki peran untuk menyebarkan wangi dalam suatu parfum ke udara. Liviana menuturkan “Karena alkohol akan menguap. Ketika itulah, wangi parfum akan menyebar”.

Fungsi Penting Alkohol dalam Kandungan Parfum

Liviana juga mengatakan, alkohol seharusnya dapat membuat parfum semakin tercium di cuaca yang panas, seperti di Jakarta. Sehingga, ia tidak setuju dengan pendapat yang menganggap bahwa alkohol dapat membuat aroma parfum menjadi tidak enak. Misalnya, saat bercampur dengan keringat seseorang. Dia mengungkapkan “Kalau baunya berubah, itu bukan karena alkohol”.

Meskipun demikian, memang benar bahwa semakin banyak kandungan alkohol, semakin cepat pula parfum itu menguap. Dilansir dari perfume.com, wangi parfum akan bertahan lebih lama jika memiliki lebih banyak kandungan minyak wewangian, dibandingkan alkohol. Sehingga, jika ingin wangi bertahan pada badan, perlu diperhatikan kekuatan parfum tersebut. Selain itu, perlu kembali menyemprotkannya pada waktu-waktu tertentu, sesuai kekuatannya. Misal, setiap 4 hingga 5 jam sekali untuk Eau de Parfum dan 2 sampai 3 jam sekali untuk Eau de Toilette.

Terakhir, perhatikan lokasi-lokasi untuk menyemprot parfum. Umumnya, disarankan untuk menyemprotkan parfum pada titik-titik nadi, seperti pada leher dan juga pergelangan tangan. Berdasarkan Huffpost, titik tersebut memproduksi panas, membantu untuk mengembangkan wangi parfum pada tubuh. Kemudian,dapat menyemprotkan parfum pada pakaian.

Berdasarkan Regina Widjaja, General Manager Sales & Marketing C&F Group, hal ini dapat membantunya mempertahankan wangi parfum lebih lama pada badannya. Namun, menurut Regina, perlu memastikan juga bahwa parfum itu tidak akan meninggalkan noda pada pakaian. Karena, sebagian parfum didesain dengan zat yang akan meninggalkan warna. Sehingga, perlu dipastikan hal ini terlebih dahulu, misalnya dengan bertanya kepada asisten toko mengenai hal tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *