Jadwal Imsak dan Waktu Sholat Ramadhan 1442 H

Kementerian Agama di Indonesia sudah memberikan pernyataan perihal puasa di bulan suci Ramadhan 2021 ditetapkan dan disepakati jatuh pada hari Selasa, 13 April 2021 . Yaqut Cholil Qoumas selaku Menteri Agama menyampaikan pernyataan tersebut setelah selesai menggelar kegiatan Sidang Isbat yang dilaksanakan bersama dengan berbagai jajaran yang lain.

Hasil dari keputusan sidang Isbat yang digelar di Jakarta membuahkan hasil bahwa 1 Ramadhan 1442 H tiba pada hari Selasa tanggal 13 April 2021. Keputusan tersebut tentunya sudah disepakati oleh seluruh peserta Sidang Isbat yang ikut melaksanakan sidang tersebut. Dengan demikian Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas memberikan pernyataan hasil keputusan sidang tersebut yaitu 1 Ramadhan 1442 H ditetapkan Selasa, 13 April 2021

Dengan adanya keputusan tersebut tentu sebelumnya sudah ada pertimbangan yang dilakukan, adapun pertimbangan tersebut yaitu dengan memperhatikan perhitungan hisab atau astronomis dan seluruh peserta yang mengikuti sidang isbat sudah mendengarkan laporan hasil pemantauan hilal secara langsung. Atas dasar kedua hal tersebut yang memperkuat keputusan dari Kementerian Agama untuk memutuskan hasil sidang isbat tentang tibanya 1 Ramadhan 1442 H.

Menetapkan 13 April 2021 sebagai awal puasa di bulan Ramadhan tentu tidak jauh dari waktu imsak. Menurut istilah puasa kita dapat mengartikan imsak sebagai kegiatan untuk menahan diri dari segala hal yang dapat berdampak untuk membatalkan puasa sehingga kita harus bisa menahan diri untuk tidak makan, tidak minum, serta menahan diri dari jima.

Pada dasarnya di wilayah Indonesia untuk jadwal imsak sudah bukan perihal yang familiar dan biasanya pemerintah dari Kementerian Agama di Indonesia akan menambahkan kolom jadwal imsak melalui informasi jadwal waktu sholat lima waktu.Umumnya jadwal imsak akan terjeda sekitar 10 menit sebelum memasuki waktu sholat subuh di bulan Ramadhan.

Melalui artikel ini Anda dapat mengetahui jadwal imsak yang terdapat di beberapa kota besar yang ada di Indonesia seperti daerah Purwokerto, Semarang, Padang, Makasar, Jogja, Jakarta, Padang. Melalui jadwal imsak tersebut Anda dapat mengetahui ketepatan dimulainya puasa atau waktu imsak dan ketepatan waktu berbuka puasa.

Pada artikel ini tidak hanya sekedar memberikan informasi mengenai jadwal imsak, namun tersedia juga jadwal sholat lima waktu selama bulan Ramadhan di tahun 2021. Jadwal tersebut dapat memberikan kesesuaian kepada Anda mengenai tibanya waktu atau ketepatan solat lima waktu semasa bulan Ramadhan 1442 H. Simak jadwal imsak dan jadwal sholat lima waktu tersebut melalui gambar yang telah disediakan untuk mengetahui lebih jelasnya.

Berikut jadwal solat dan imsakiah untuk beberapa kota besar di Indonesia :

1. Kota Jakarta

Jadwal Imsak dan Waktu Sholat Selama Ramadhan 1442 H Jakarta

Jadwal Imsakiyah Jakarta

2. Kota Purwokerto

3. Kota Semarang

4. Kota Yogyakarta

5. Kota Surabaya

6. Kota Makassar

7. Kota Padang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *