Jenis Makanan Berprotein Tinggi

Jenis Makanan Berprotein Tinggi – Protein merupakan suatu zat gizi yang mempunyai banyak manfaat dan menjadi salah satu zat yang dibutuhkan untuk pertumbuhan fungsi tubuh. Contoh beberapa manfaat protein adalah mampu meningkatkan massa otot dan bisa membantu Anda dalam menurunkan berat badan terutama pada lemak perut.

Jenis Makanan yang Mengandung Protein Tinggi

Jenis Makanan Berprotein Tinggi

Berdasarkan tabel AKG atau Angka Kecukupan Gizi, diketahui jika standar angka kecukupan protein yang dianjurkan bagi masyarakat Indonesia adalah sekitar 56 – 59 gram/hari untuk perempuan berusia 17 – 60 tahun dan 62 – 66 gram/hari untuk pria. Dari berbagai makanan sumber protein tinggi, kandungan protein bisa diperolehnya. Berikut jenis makanan yang mengandung protein tinggi, antara lain :

1. Telur

Telur merupakan jenis makanan yang memiliki gizi tinggi dan sehat, dengan kandungan didalamnya seperti antioksidan, mineral, vitamin, lemak yang berguna menutrisi otak dan dapat melindungi mata. Satu telur mengandung 78 kalori dan 6 gram protein. Lebih baik konsumsi putih telur karena mengandung murni tanpa lemak dan berprotein tinggi.

2. Kacang almond

Kacang almond adalah jenis kacang yang mengandung nutrisi penting seperti magnesium, vitamin E, serat dan mangan sehingga menjadi salah satu jenis kacang yang paling populer. Kacang almond mengandung 6 gram protein per 1 ons.

3. Dada ayam

Dengan catatan Anda mampu memasaknya dengan benar, cara memasak dada ayam akan menjadi sangat mudah. Daya ayam tanpa kulit mengandung 284 kalori dan 53 gram protein.

4. Gandum

Dengan kandungan beberapa nutrisi lain seperti vitamin B1, magnesium, serat sehat dan mangan, gandum juga menjadi salah satu jenis makanan paling sehat. Gandum mentah mengandung 303 kalori dan 13 gram protein.

5. Keju cottage

Keju cottage adalah salah satu jenis keju yang memiliki kandungan kalori dan lemak cenderung sangat rendah. Keju jenis ini juga mengandung beberapa nutrisi lain berupa vitamin B2, selenium, kalsium, vitamin B12 dan fosfor. Secangkir keju cottage dengan 2% lemak mengandung 194 kalori dan 27 gram protein tinggi.

6. Yogurt

Yogurt adalah salah jenis makanan yang bernutrisi tinggi, memiliki rasa yang lezat dan bertekstur lembut. Kandung protein dalam Yogurt seberat 170 gram adalah 17 gram dan 100 kalori.

7. Susu berprotein tinggi

Susu merupakan jenis minuman yang memiliki tingkat gizi tinggi. Namun, masalahnya anyak orang dewasa yang kurang menyukai minuman ini. Nutrisi tunggal yang dibutuhkan oleh manusia banyak terkandung dalam susu seperti vitamin B2, kalsium dan fosfor. Kandungan secangkir susu dengan lemak 1% 103 kalori dan 8 gram protein

8. Daging sapi

Daging sapi tanpa lemak memiliki cita rasa yang lezat serta mempunyai kandungan protein yang tinggi. Kandungan daging sapi seberat 85 ons yang dimasak dengan lemak 10% adalah 184 kalori dan 22 gram protein

9. Ikan tuna

Kandungan protein pada sebagian besar ikan tuna sangat tinggi karena ikan tuna terbilang memiliki lemak dan kalori yang rendah. Sama halnya dengan ikan lain, ikan tuna juga memiliki kandungan lemak omega-3 dan nutrisi yang banyak. Kandungan ikan tuna dengan berat 1 ons adalah 157 kalori dan 30 gram protein.

10. Udang

Sumber protein tinggi yang sangat baik adalah hampir semua makanan laut, salah satunya udang. Udang memiliki nilai kalori yang rendah, namun mengandung berbagai nutrisi berupa lemak omega-3, selenium dan vitamin B12. Kandungan 1 ons udang mentah adalah 99 kalori dan 24 gram protein.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *