Jenis Parfum dan Ketahanannya

Jenis Parfum dan Ketahanannya – Dalam dunia parfum terdapat berbagai istilah yang mungkin jarang didengar. Mungkin sebelumnya Anda pernah membaca deskripsi pada kotak parfum namun tidak paham dengan maksudnya. Lalu apakah Anda masih belum bisa dan kesulitan membedakan maksud dari istilah eau de parfum dengan eau de toilette ? Untuk lebih jelasnya simak pembahasan dalam artikel ini dengan detail mengenai jenis – jenis parfum dan cara yang tepat untuk memilih parfum sesuai dengan penggunaannya.

Jenis Parfum Dan Ketahanannya

Jenis Parfum dan Ketahanannya

Tanpa disadari ternyata banyak sekali orang yang membeli parfum hanya memperhatikan aroma parfum tersebut, tanpa melihat jenisnya. Sebenarnya jenis parfum merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Apalagi jika Anda mencari parfum yang menginginkan wanginya tahan lama. Untuk itu, agar tidak salah dalam membeli parfum maka berikut ini ulasan mengenai lima jenis parfum atau wewangian yang sesuai dengan ketahanan aromanya dan wajib diketahui.

1. Parfum

Sebenarnya parfum termasuk dalam salah satu jenis wewangian. Pada dasarnya jenis wangian ini dikenal dengan extrait de parfum yang dimana memiliki konsentrasi aroma yang paling tinggi. Konsentrasinya dapat berkisar 15%-30% dan aroma pada parfumnya dapat bertahan hingga mencapai 6-8 jam.

Maka dari itu parfum sangat cocok jika digunakan untuk kulit sensitif, karena mengandung kadar alkohol yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan jenis wewangian lainnya. Sebaiknya penggunaan parfum diaplikasikan pada beberapa titik denyut nadi agar aroma yang dihasilkan lebih maksimal.

2. Eau de Parfum (EDP)

Eau de parfum (EDP) ini merupakan jenis wewangian yang memiliki konsentrasi aroma sekitar 15%-20%. Ketahanan aroma pada Eau de parfum ini dapat bertahan mencapai 4 hingga 6 jam. Pada umumnya EDP ini disemprotkan pada rambut dan pakaian yang dimana harus menghindari pemakaian pada kain halus.

Sebenarnya jenis wewangian ini mirip seperti parfum, hanya saja memiliki aroma yang lebih lembutĀ  jadi sangat cocok jika digunakan untuk pemakaian sehari – hari. Jika dilihat secara harga, EDP ini ternyata jauh lebih murah jika dibandingkan dengan harga parfum. Akan tetapi untuk konsentrasi alkoholnya ternyata lebih tinggi jika dibandingkan dengan parfum, sehingga kurang cocok digunakan untuk yang memiliki kulit sensitif.

3. Eau de Toilette

Eau de toilette (EDT) ini dibekali dengan tingkat konsentrasi yang berkisar antara 8%-15%, sehingga kadar alkohol pada EDT ini cukup tinggi dan harganya juga terbilang jauh lebih murah daripada EDP. Untuk ketahanan aroma EDT ini rupanya dapat bertahan hingga 2 sampai 4 jam. Wewangian jenis ini sangat cocok digunakan untuk sehari-sehari, selainitu ideal juga untuk digunakan pada cuaca yang panas atau hangat karena EDT ini cenderung lebih menyegarkan dan lebih cepat menguap.

4. Eau de Cologne

Eau de cologne (EDC) memiliki konsentrasi aroma yang berkisar 2%hingga 8% dan memiliki tingkat konsentrasi alkohol yang cukup tinggi namun harga EDC ini jauh lebih murah dari beberapa jenis wewangian yang lainnya.

Untuk aromanya dapat bertahan hingga 2 jam saja, dan jenis wewangian ini merupakan jenis wewangian yang paling ringan jadi cocok jika digunakan untuk sehari – hari khususnya untuk cuaca panas. Namun, EDC ini ternyata kurang cocok jika dipakai untuk yang mempunyai jenis kulit sensitif karena penggunaan EDC ini dapat membuat kulit menjadi kering.

5. Eau Fraiche

Jenis wewangian ini ternyata mirip seperti dengan EDC karena ketahanan aromanya hanya dapat bertahan sekitar 2 jam saja. Tingkat konsentrasi pada eau fraiche ini ternyata lebih rendah dari pada eau de cologne yang berkisar antara 1%-3%. Eau fraiche ini memiliki tingkat konsentrasi aroma wewangian yang cukup rendah, untuk kadar alkohol eau fraiche juga terbilang rendah, namun memiliki banyak sekali kandungan air.

Cara Tepat Memilih Wewangian Sesuai Penggunaan

Setelah mengetahui beberapa jenis dari wewangian, selanjutnya ketahuilah mengenai cara yang tepat dalam memilih wewangian sesuai dengan penggunaannya yaitu sebagai berikut :

1. Lakukan Riset Aroma

Melakukan riset sederhana mengenai aroma apa yang kamu sukai. Untuk itu coba perhatikan sekelilingmu, aroma apa yang paling dominan dirumah Anda ? Mungkin saja aroma tersebut adalah aroma yang Anda sukai.

Pada dasarnya memilih parfum tidak harus mengikuti tren atau teman karena setiap orang memiliki ciri khas tersendiri. Untuk itu, dengan memilih dan menemukan aroma yang disukai maka dapat membuat titik awal pada Anda untuk menemukan parfum yang tepat.

2. Coba Terlebih Dahulu

Supaya tidak salah pilih aroma ataupun jenis parfum maka perlu memastikan terlebih dahulu dengan cara mencobanya. Apabila parfum yang dibeli berasal dari toko offline, maka Anda bisa langsung mencobanya di toko tersebut. Akan tetapi jika parfum tersebut dibeli ditoko online, maka tidak ada salahnya jika membeli parfum dengan ukuran travel size atau parfum trial kit terlebih dahulu sebelumnya.

Untuk mencobanya hanya perlu menyemprotkan pada titik – titik denyut nadi kemudian dibiarkan supaya aromanya menjadi benar benar memanas hingga muncul dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Sebaiknya jangan membeli parfum hanya dari kesan pertamanya saja dalam hitungan detik. Hal ini disebabkan karena esensi dari aroma membutuhkan waktu sekitar 15 hingga 30 menit.

3. Sesuaikan dengan Kondisi Kulit

Sebaiknya pastikan dulu bahwa Anda memilih jenis parfum yang tepat dan sesuai dengan jenis kulit Anda. Walaupun sebenarnya tidak berbahaya , namun parfum tetap saja memiliki kemungkinan yang dapat membuat alergi dan iritasi pada kulit khususnya untuk yang memiliki kulit sensitif. Maka dari itu, mencoba parfum merupakan hal yang perlu dilakukan sebelumnya.

4. Pilih Jenis Parfum

Pilihlah jenis parfum yang tepat dan disesuaikan dengan aroma yang Anda sukai, disesuaikan juga dengan kondisi kulit, serta ketahanan aroma yang diinginkan. Tidak hanya itu, pastikan juga jika harga parfum yang dipilih tersebut sudah sesuai dengan budget yang tersedia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *