Makanan Yang Mengandung Protein Nabati

Makanan Yang Mengandung Protein Nabati – Pada pertumbuhan anak, pertumbuhannya dapat bertumbuh dengan hebat jika kebutuhan nutrisi lengkapnya terpenuhi dengan seimbang, termasuk protein. Untuk regenerasi sel-sel yang ada ditubuh, protein merupakan salah satu nutrisi yang penting.

Makanan Yang Mengandung Protein Nabati

Selain itu, protein juga baik untuk pertumbuhan rambut dan kuku,  memperbaiki sel – sel darah, tulang, serta jaringan yang terdapat pada kulit dan otot. Pada tahun 2019 Departemen Kesehatan Indonesia merekomendasikan untuk anak anak yang berusia 1 hingga 3 tahun diperlukan protein sebanyak 20 gram protein, sedangkan untuk anak yang berusia 4 hingga 6 tahun membutuhkan 18 hingga 35 gram protein setiap harinya.

Perbedaan Protein Nabati dan Hewani

Untuk memenuhi kebutuhan protein pada anak setiap harinya, maka anak – anak perlu mengkonsumsi sumber protein hewani dan sumber protein nabati dengan seimbang. Namun, protein hewani dan protein nabati merupakan sumber protein yang berbeda. Biasanya protein hewani dapat diperoleh dari sumber makanan seperti daging, telur, susu sapi, dan tumbuh – tumbuhan seperti sayuran ataupun kacang – kacangan.

Sedangkan protein nabati yang tinggi biasanya dapat diperoleh dari sumber kacang – kacangan, seperti kacang kedelai, kacang merah, kacang edamame, kacang hijau, dan kacang almond. Tidak hanya itu saja, protein nabati juga dapat ditemukan secara alami melalui sayuran seperti brokoli ataupun jamur.

Sumber Protein Nabati

Protein tidak hanya penting untuk tumbuh kembang anak, namun sumber protein nabati juga dibekali dengan kelebihan lain yang ternyata sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Adapun macam – macam jenis protein nabati dan cara menyajikannya yaitu sebagai berikut :

  • Sayuran

Biasanya protein nabati dapat ditemukan pada beberapa jenis sayuran seperti jamur yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dari radikal bebas. Selain itu, brokoli juga mengandung banyak serat yang dapat menjaga perut menjadi sehat. Biasanya sayuran yang disajikan untuk anak anak akan dimasak terlebih dahulu dengan cara direbus, atau dikukus dan dipadukan dengan berbagai variasi lainnya.

  • Kacang – kacangan

Biasanya para ibu akan menyajikan kacang – kacangan ini dalam bentuk bubur untuk sang buah hati. Tidak hanya mengandung protein, ternyata kacang juga mengandung berbagai nutrisi lainnya. Sepertihalnya kacang merah yang mengandung kalium, dimana kalium itu berfungsi untuk menjaga kerja jantung dan asam folat serta zat besi.

Selain itu, kacang hijau juga biasanya disajikan sebagai bubur yang dimana ternyata kacang hijau memiliki kandungan serat yang tinggi dan flavonoid yang berperan untuk membuang racun dari dalam tubuh. Banyak yang belum tahu bahwa ternyata kedela memiliki kadar protein yang tinggi dibandingkan sumber protein nabati lainnya.

Selain kaya protein nabati, kedelai juga memiliki banyak sekali manfaat dalam menjaga level kolesterol, tekanan darah, serta kesehatan ginjal. Biasanya untuk anak – anak, pemberian kedelai dapat berupa lauk tempe, tahu, hingga minuman seperti formula soya.

Dalam pemilihan formula soya untuk anak – anak perlu dipastikan dulu bahwa formula tersebut mengandung sumber nutrisi yang lengkap dan tinggi. Ada berbagai formula soya yang dapat ditemukan dipasaran seperti bebelac gold soya  yang dimana merupakan formula soya tinggi dengan serat pertama dan satu – satunya di Indonesia. Selain mengandung serat yang tinggi, bebelac gold soya ini juga sudah dilengkapi dengan nutrisi penting lainnya seperti :

  • Adanya 9 asam amino esensial yang berfungsi untuk mendukung tumbuh kembang anak.
  • Dibekali dengan advansfibre soy+  tinggi serat dengan FOS Inulin untuk mendukung fungsi saluran cerna perut pada anak.
  • Terdapat fish oil, omega 3, & omega 6 yang berperan untuk mendukung daya pikir anak.
  • Terdapat 13 vitamin & 9 mineral untuk dukung pertumbuhan yang optimal, serta sudah dilengkapi kalsium dan vitamin D untuk dukung pertumbuhan tulang.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai jenis protein nabati yang baik untuk anak – anak sebaiknya konsultasi lebih dulu ke dokter anak atau tenaga kesehatan yang lebih profesional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *