Manfaat Vitamin B1 Bagi Tubuh

Manfaat Vitamin B1 Bagi TubuhVitamin B1 biasanya disebut juga dengan nama lain tiamin yang merupakan jenis vitamin B yang memiliki kegunaan sebagai media untuk mengubah asupan karbohidrat menjadi energi. Vitamin B1 merupakan jenis vitamin yang dapat larut dalam air, biasanya vitamin ini akan dibawa oleh aliran darah untuk disalurkan ke seluruh tubuh yang berfungsi untuk menjaga sistem jantung, saraf, serta otot agar dapat bekerja dengan baik.

Manfaat Vitamin B1 Bagi Tubuh

Manfaat Vitamin B1 Bagi Tubuh

Menurut faktanya, vitamin B1 merupakan jenis vitamin yang pertama kali ditemukan oleh para ilmuwan. Hal penting yang perlu dikethaui yaitu bahwa vitamin B1 ini memiliki manfaat untuk membantu mencegah komplikasi yang terdapat organ tubuh, khususnya pada sistem saraf, jantung, otak, lambung, dan usus. Hal ini dikarenakan vitamin B1 akan diserap oleh elektrolit untuk menjaga fungsi sel yang terdapat pada otot dan saraf tubuh. Tidak hanya itu saja, manfaat lain dari vitamin B1 ini yaitu :

1. Mencegah beri-beri

Manfaat terpenting dari vitamin B1 ini ternyata dapat mencegah penyakit beri – beri. Penyakit tersebut dapat terjadi karena disebabkan oleh tubuh yang tidak dapat mengubah asupan karbohidrat dari makanan hingga menjadi energi. Dengan demikian, akan memicu terjadinya penumpukan asam piruvat dalam aliran darah dan menyebabkan beri – beri.

Biasanya gejala beri – beri dapat diketahui mulai dari terjadinya penurunan fungsi otot, terjadinya sesak nafas, detak jantung menjadi meningkat, kaki menjadi bengkak, ada rasa mual, hingga berbicara terasa sulit. Penyakit beri – beri ini dapat memicu terjadinya masalah kesehatan lainnya seperti sistem pencernaan dan gangguan jantung.

2. Meningkatkan Fungsi Kognitif Pada Penderita Alzheimer

Ternyata vitamin B1 dapat membantu memperbaiki fungsi otak pada penderita Alzheimer, hal ini dibuktikan dengan adanya penelitian yang diterbitkan oleh Vietnamese American Medical Research Foundation 

3. Mengurangi Stres

Tiamin biasanya disebut sebagai vitamin anti stress yang dimana dapat membantu mengendalikan suasana hati dan gangguan fisiologis akibat stres. Dengan mengkonsumsi asupan vitamin B1 yang cukup maka orang yang merasa stres akan jauh lebih tenang dan dapat berpikir positif.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Vitamin B1 atau tiamin biasanya dibuat dalam bentuk suplemen yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh pada manusia. Tidak hanya menjaga sistem imun tubuh, vitamin B1 juga bermanfaat sebagai bentuk suplemen yang mampu meringankan berbagai penyakit seperti HIV/AIDS, sariawan, katarak, glaukoma, diabetes, stres, penyakit jantung, gangguan ginjal, mabuk, sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Sumber Makanan Yang Mengandung Vitamin B1

Kementerian Kesehatan RI sudah membuat Angka Kecukupan Gizi (AKG) yang dimana setiap orang membutuhkan jumlah asupan vitamin B1 yang berbeda – beda setiap harinya. Untuk orang dewasa yang berusia 16 hingga 49 tahun membutuhkan vitamin B1 sekitar 1,1 hingga 1,4 miligram.

Pada dasarnya vitamin B1 tidak disimpan ataupun diproduksi dalam tubuh, oleh karena itu setiap orang membutuhkan asupan vitamin B1 yang berasal dari makanan. Adapun berbagai makanan yang menjadi sumber vitamin B1 yaitu telur, daging, kacang – kacangan, gandum, nasi, sayur, dan buah.

Hindari minum teh dan kopi dalam waktu yang bersamaan dengan makanan yang mengandung sumber vitamin B1 agar manfaat vitamin B1 ini dapat diserap secara maksimal. Tidak hanya melalui makanan, vitamin B1 ini juga dapat diperoleh melalui suplemen. Namun jika melalui suplemen tidak boleh dilakukan secara sembarangan, jadi harus melalui rekomendasi dari dokter terlebih dahulu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *