Manfaat Vitamin E dan Sumbernya

Manfaat Vitamin E dan Sumbernya – Vitamin E merupakan nutrisi yang memiliki manfaat bagi kesehatan dalam tubuh. Vitamin E tidak dapat dihasilkan sendiri oleh tubuh, sama halnya dengan jenis vitamin lainnya. Sumber kandungan vitamin E ini dapat ditemui di berbagai jenis suplemen atau makanan.

Manfaat Vitamin E dan Sumbernya

Vitamin E atau alfa tokoferol sangat terkenal dengan kegunaannya yang dapat memelihara kesehatan kulit tubuh. Selain itu, vitamin ini juga dapat menjaga fungsi berbagai organ tubuh dan baik untuk sistem imun.

Manfaat Vitamin E bagi Kesehatan Tubuh

Ada beberapa manfaat vitamin E yang baik untuk kesehatan tubuh, diantaranya yaitu :

1. Mempunyai efek antioksidan

Vitamin E menjadi salah satu vitamin dengan kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan ini memiliki peran penting yaitu melindungi tubuh dari paparan radikal bebas yang dapat merusak jaringan tubuh dan sel-selnya.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Menurut beberapa studi vitamin E mampu meningkatkan produksi sel darah putih, terutama limfosit. Hal tersebut membuat vitamin E ini juga mampu membuat tubuh lebih kuat melawan virus dan bakteri penyebab infeksi dengan meningkatnya sistem imun.

3. Memelihara kesehatan otak dan saraf

Salah satu fungsi penting vitamin E adalah menjaga fungsi saraf dan otak. Menurut beberapa riset kesehatan menyatakan bahwa tercukupinya asupan vitamin E yang baik dari makanan atau suplemen, mampu mencegah seseorang dari demensia dan kepikunan.

4. Menjaga kesehatan kulit

Dikatakan bahwa vitamin C merupakan vitamin yang baik untuk kulit karena mampu meningkatkan produksi kolagen bagi kulit tubuh. Nyatanya tidak hanya vitamin C yang memiliki manfaat baik bagi kulit, vitamin E pun sama memiliki banyak manfaat bagi kulit.

Vitamin E dapat mengencangkan dan menjaga kelembapan kulit, sehingga kulit tidak mudah kusam, kering, dan mencegah munculnya tanda-tanda penuaan, seperti garis halus dan keriput. Selain itu vitamin E juga memiliki manfaat mampu mencegah kerusakan jaringan kulit karena efek antioksidannya.

Vitamin E juga dinyatakan oleh beberapa penelitian ilmiah bahwa dapat mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, dan degenerasi makula atau penyakit mata akibat penuaan. Namun, masih perlu diteliti lebih lanjut akan beberapa manfaat vitamin E tersebut.

Sumber Vitamin E dan Jumlah Asupan Vitamin E yang Dianjurkan

Walaupun vitamin E dikenal dengan manfaatnya yang banyak, penggunaan vitamin ini tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Jumlah asupan vitamin E yang boleh dikonsumsi anak-anak berkisar antara 4–7 mg atau setara 8–15 IU per hari, sedangkan jumlah asupan vitamin E yang dapat dikonsumsi oleh orang dewasa berkisar antara 15–19 mg atau 20–35 IU per hari. Jumlah asupan vitamin E tersebut merupakan dasar rekomendasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Beberapa jenis makanan yang terdapat sumber vitamin E alami adalah :

1. Sayuran Hijau

Diketahui jenis sayuran hijau yang mengandung vitamin E tinggi adalah bayam dan brokoli. Kandungan dalam kedua sayuran ini juga tidak hanya vitamin E, namun mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin K, antioksidan serta kalsium.

2. Kacang-kacangan

Beberapa jenis kacang-kacangan yang merupakan sumber vitamin E baik adalah kacang kedelai dan kacang almond. Selain mengandung vitamin E, kacang-kacangan juga mengandung vitamin B kompleks, magnesium, zat besi, zinc, kalium dan kalsium.

3. Biji-bijian

Sumber vitamin E yang baik pada biji-bijian yaitu jagung dan biji bunga matahari. Kedua jenis bijian tersebut dapat dikonsumsi berupa cemilan sehat maupun diolah menjadi makanan sesuai selera.

4. Makanan Laut

Jenis makanan laut yang memiliki kandungan vitamin E di dalamnya seperti salmon, udang, ikan kod, dan kerang. Oleh sebab itu, makanan laut dapat menjadi alternatif lain untuk memenuhi asupan vitamin E.

Selain terdapat dalam makanan laut kandungan vitamin E juga terdapat dalam bentuk suplemen serta produk makanan yang sudah diperkaya kandungan vitamin E seperti jus, margarin dan sereal. Akan tetapi, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen vitamin E. Hal tersebut untuk mengetahui dosis yang tepat sesuai dengan kondisi dan kebutuhan.

Efek Samping Vitamin E bagi Tubuh

Penggunaan vitamin E yang berlebihan dapat menyebabkan gangguan perdarahan, terutama sedang menggunakan obat pengencer darah secara rutin. Mengkonsumsi vitamin E secara berlebihan juga meningkatkan risiko ke beberapa gangguan kesehatan bagi tubuh.

Meski terbilang efek efek tersebut jarang terjadi, beberapa efek samping dari konsumsi suplemen vitamin E juga dapat berupa sakit kepala, nyeri perut, mual, diare, dan ruam pada kulit. Penerapan pola makan yang teratur dan sehat adalah kunci utama untuk tetap menjaga agar tubuh tetap sehat, selain itu mengkonsumsi makanan bergizi seimbang juga dapat mencukupi asupan vitamin E secara alami.

Olahraga secara rutin, beristirahat dengan cukup, dan menghindari minuman beralkohol dan rokok juga dasar kegiatan menjaga kesehatan tubuh. Bila merasa kekurangan vitamin E, suplemen vitamin E dapat menjadi pilihan dengan jenis dan dosis yang tepat serta anjuran dari dokter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *