Penerapan Ilmu Forensik Dalam Hukum Pidana

Penerapan Ilmu Forensik Dalam Hukum PidanaHakim membentuk sebuah keyakinan dan menjatuhkan putusan pidana didasarkan pada pemeriksaan alat bukti yang kemudian akan dikemukakan dalam proses sidang. Hukum juga memerlukan bantuan dari disiplin ilmu pengetahuan yang lainnya seperti kedokteran. Dimana dalam ilmu kedokteran merupakan ilmu yang dapat membantu persoalan mengenai luka, kesehatan, dan nyawa seseorang yang diakibatkan oleh suatu kejahatan.

Penerapan Ilmu Forensik Dalam Hukum Pidana

Kemudian penyelesaian perkara tersebut dilanjutkan oleh dokter yang berperan dalam memberikan keterangan terkait dalam persidangan yang dilakukan. Untuk membuktikan perkara pidana, kita dapat mengetahuinya dengan cara meminta bantuan pada dokter untuk berperan sebagai saksi yang dapat memberikan keterangan tertulis dalam visum at repertum dan memberikan keterangan sebagai saksi ahli.

Pada hal ini, ilmu kedokteran berperan penting dalam penyidik, kejaksaan, dan hakim dalam memecahkan hal yang berhubungan dengan ilmu kedokteran. Pemeriksaan ahli forensik dapat memberikan informasi atau hasil apakah luka seseorang, kondisi tidak sehatnya seseorang disebabkan karena tindak pidana atau tidak.

Penerapan Ilmu Forensik Dalam Hukum Pidana dan Hubungannya

Dalam hal ini, ilmu forensik dapat memberikan bantuan yang berhubungan dengan proses peradilan, bantuan yang berhubungan tersebut yaitu berupa :

  1. Pemeriksaan perkara di tempat kejadian, dalam hal ini pemeriksaan oleh ahli forensik merupakan hal yang sangat penting untuk menentukan jenis kematian sekaligus mengetahui penyebabnya. Dalam hal ini akan dilakukan visum at repertum oleh ahli forensik sebelum nantinya mayat dikubur.
  2. Ahli forensik melakukan pemeriksaan terhadap korban yang mengalami luka untuk mengetahui ada atau tidaknya penganiayaan, ada atau tidaknya kejahatan atau pelanggaran kesusilaan, yang dapat menentukan umur seseorang serta dapat menentukan kepastian seorang bayi yang meninggal dalam kandungan seorang ibu.

Penerapan ilmu forensik sangat membantu aparat dalam melakukan penegakan hukum. Dimana dengan adanya ilmu forensik kita dapat mengungkap suatu tindak pidana yang terjadi dari tingkat penyidikan sampai dengan tahap pengadilan terhadap kasus yang memiliki keterkaitan dengan tubuh ataupun jiwa manusia, sehingga membuat keterangan tindak pidana yang terjadi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *