Pengertian Alkohol Tester – Jenis serta Kegunaan

Pengertian Alkohol Tester – Alkohol merupakan salah satu dari golongan senyawa organik yang disusun oleh hidrokarbon – hidrokarbon oleh pertukaran satu atau lebih gugus hidroksil dengan atom – atom hidrogen dalam jumlah yang sama. Atau istilah yang lebih luas alkohol ialah beragam jenis hasil pertukaran yang bereaksi netral serta memiliki kandungan satu atau lebih gugus alkohol.

pengertian alkohol

Alkohol atau disebut juga dengan sebutan “grain alkohol”. Masyarakat kerap menyebutnya dengan minuman yang beralkohol. Hal ini menjadikan banyak orang memanfaatkan alkohol untuk membuat minuman yang mengandung alkohol yang sering masyarakat dikonsumsi.

Selain itu alkohol juga dimanfaatkan pada bidang kedokteran untuk membersihkan luka pada tubuh. Maka untuk mengetahui tingkat suatu alkohol dibutuhkan alat yang dapat mengukur kadar alkohol tersebut. Alat yang mampu mengukur kadar alkokhol disebut dengan Alkohol Tester. Untuk dapat mengenal serta mengetahui tentang Alkohol Tester simak penjelasan berikut :

Pengertian Alkohol Tester

Alkohol Tester merupakan sebuah alat yang dapat digunakan untuk mengukur berapa persen kadar alkohol yang akan diuji. Didalam alat alkohol tester terdapat beberapa cara penggunaan, seperti dengan cara meniupnya atau dapat juga dengan mencelupkannya ke dalam cairan alkohol.

Jenis Alkohol Tester

Terdapat beberapa jenis alat alkohol tester dengan cara penggunaan yang berbeda. Untuk dapat mengenal jenis dari alat alkohol tester perhatikan penjelasan dibawah:

1. Alkohol Tester yang Cara pengaplikasian ditiup atau dihembuskan

Untuk jenis alat alkohol tester yang cara penggunaannya ditiup digunakan untuk menguji apakah seseorang mengonsumsi minuman alkohol atau tidak. Dan untuk penggunaan perangkat ini cukup dengan menghembuskan nafas ke perangkat tersebut. Untuk perangkat alkohol tester ini juga dipakai pada berbagai instansi seperti kepolisian, pemerintahan maupun perusahaan swasta.

2. Alkohol Tester yang Cara pengaplikasian dicelupkan kedalam cairan alkohol

Untuk jenis alat alkohol tester yang cara penggunaan di celupkan ke dalam cairan alkohol dipakai untuk menguji berapa persen kadar suatu cairan alkohol. Umumnya perangkat alkohol tester ini digunakan pada laboratorium untuk menguji berapa persen alkohol yang akan di ujikan.

Kegunaan Alkohol Tester

Alkohol Tester yang cara penggunaan ditiupkan atau dihembuskan melalui nafas atau mulut biasanya digunakan pada berbagai instansi kepolisian, kedokteran atau pun yang berhubungan dengan cek kadar alkohol nafas. Misal pada instansi kepolisian alat alkohol tester ini digunakan untuk memeriksa tempat kejadian kecelakaan lalu lintas, dengan menggunakan alat alkohol tester ini maka para polisi dapat mengecek apakah pengendara mengemudikan kendaraan dengan mengonsumsi minuman alkohol atau tidak.

Selain itu alkohol tester ini juga digunakan pada instansi pemerintahan maupun perusahaan swasta untuk menguji kadar alkohol dalam tubuh karyawan baru maupun karyawan lama apakah mengkonsumsi minuman alkohol atau tidak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *