Pengertian dan Contoh Protein Hewani

Pengertian dan Contoh Protein Hewani – Protein merupakan sebuah makronutrien yang mempunyai manfaat penting bagi tubuh seperti membangun massa otot. Secara kimia, protein terdiri dari asam amino. Asam amino sendiri merupakan senyawa organik yang terbuat dari belerang, nitrogen, karbon, oksigen dan hidrogen.

Pengertian dan Contoh Protein Hewani

Pengertian dan Contoh Protein Hewani

Sumber protein banyak ditemukan dalam produk hewani atau lebih dikenal dengan protein hewani, walaupun ada juga dari sumber lain seperti biji-bijian dan kacang-kacangan. 20 asam amino yang berbeda dibutuhkan dalam tubuh manusia. 11 diantaranya diciptakan oleh tubuh dan disebut sebagai asam amino non-esensial.

Sedangkan untuk mendapatkan 9 lainnya dapat berasal dari makanan atau disebut sebagai asam amino esensial. Asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh dapat dihasilkan dari sumber makanan protein hewani seperti susu, daging dan telur. Sumber protein berkualitas tinggi dapat disediakan oleh produk hewani.

Protein Hewani

Tubuh manusia terdiri dari sekitar 20% protein. Untuk mendapatkan cukup protein, maka tubuh memerlukan makanan setiap hari dari banyak sumber makanan seperti hewan dan tumbuhan. Menurut beberapa orang, tidak masalah sumber protein berasal dari baik tumbuhan atau hewan. Namun sumber lain mengatakan bahwa dibanding protein hewani, protein nabati lebih unggul.

Protein dipecah menjadi asam amino saat dimakan. Kegunaan protein dan asam amino dalam tubuh yaitu sebagai proses metabolisme. Kandungan jenis asam amino dalam protein yang berbeda dapat sangat bervariatif. Dari semua asam amino yang kita butuhkan, protein hewani cenderung mengandung keseimbangan yang baik.

Pengertian Protein Hewani

Protein yang berasal dari hewan atau produk olahannya disebut dengan protein hewani. Kebutuhan protein orang dewasa adalah sekitar 0,8 atau 0,9 gram protein per kilogram berat badan yang sehat per hari. Tubuh kita sebenarnya dapat menghasilkan asam amino non-esensial, namun sumber asal amino esesial hanya dapat diperoleh dari makanan yang kita konsumsi.

Tubuh membutuhkan semua asam amino esensial dalam rasio yang tepat untuk kesehatan yang optimal. Sumber protein hewani yang mirip dengan protein yang ditemukan dalam tubuh seperti unggas, susu, daging dan telur.

Manfaat Protein Hewani

Beberapa manfaat protein hewani bagi kesehatan tubuh, adalah :

1. Meningkatkan Performa Tubuh

Bagi kita yang memang aktif melakukan kegiatan fisik seperti berolahraga, protein hewani ini dapat meningkatkan performa tubuh kita, karena kandungan asam amino esensialnya.

Asam amino ini juga menurut penelitian dapat membantu meningkatkan performa atlet olahraga secara efektif dan disebut dapat mempercepat serta membantu pemulihan otot yang mengalami cedera pasca melakukan aktivitas fisik.

2. Mencegah Penurunan Massa Otot

Menurut sebuah penelitian ditemukan fakta bahwa untuk menjaga massa otot, dibutuhkan pemberian asam amino esensial sebanyak 15 gram per hari. Akan tetapi, kandungan asam amino esensial di dalam protein hewani yang berkaitan dengan manfaat ini, belum ada bukti lebih lanjut.

3. Memperbaiki Kualitas Tidur dan Suasana Hati

Kandungan asam amino dalam protein juga bermanfaat kualitas tidur bagi mereka yang mengalami gangguan tidur seperti insomnia dan memperbaiki suasana hati atau mood.

Menurut beberapa penelitian, salah satu kandungan dalam asam amino yang efektif membantu produksi serotonin yaitu tryptophan. Elemen serotonin sendiri merupakan neurotransmitter yang berfungsi dalam meningkatkan kualitas tidur dan menciptakan efek senang.

4. Meminimalisir Risiko Penyakit Jantung

Protein hewani memiliki manfaat untuk meningkatkan risiko sakit kardiovaskular seperti jantung, namun hal tersebut juga tergantung dengan sumber protein yang kita konsumsi. Sumber protein hewani yang baik dikonsumsi seperti daging merah dan olahannya.

Sedangkan sumber protein hewani yang dinilai kurang baik untuk penyakit jantung ini adalah makanan laut atau seafood. Makanan laut bila dikonsumsi terus menerus dapat menyebabkan penyakit jantung kronis dan berujung kematian.

5. Mengontrol Berat Badan

Manfaat mengkonsumsi protein hewani seperti telur juga dapat mengontrol dan menjaga berat badan. Menurut penelitian, konsumsi telur dapat membuat rasa kenyang yang lebih lama. Hal ini mengakibatkan frekuensi makan menjadi berkurang.

Contoh Protein Hewani

Berikut contoh makanan yang mengandung protein hewani, antara lain :

1. Daya ayam

Kandungan protein hewani dalam daging ayam tanpa kulitnya adalah sekitar 30 hingga 100 gram protein serta tidak ada kandungan lemaknya. Selain ayam, unggas lain juga memiliki kandungan lemak jenuh lebih sedikit dibanding daging lain.

2. Daging merah

Contoh daging merah yang kaya kandungan protein adalah daging domba, daging sapi dan daging kambing. Kegunaan lain dari daging merah juga dapat sebagai sumber vitamin B12

3. Telur

Kandungan protein dalam telur memiliki rasio asam amino esensial yang sangat tinggi sehingga hampir sesuai untuk kebutuhan dalam tubuh.

4. Makanan Laut

Seafood dengan kandungan protein hewani tinggi yaitu kerang dan ikan. Kerang dan ikan juga memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang mampu menyehatkan jantung dan dapat sebagai penambah kolesterol.

Satu porsi salmon olahan dengan berat 3 ons mengandung 19 gram protein dan satu porsi tuna kalengan 3 ons mengandung 22 gram protein.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *