Pengertian dan Manfaat Alkohol

Pengertian dan Manfaat AlkoholAlkohol merupakan salah satu senyawa yang salah satu atau lebih atom hidrogen dalam sebuah alkana digantikan oleh sebuah gugus -OH. Alkohol sendiri mempunyai ikatan yang mirip air. Alkohol terdiri dari molekul polar. Dalam senyawa alkohol, oksigen mengemban muatan negatif parsial.

Pengertian dan Manfaat Alkohol

Pengertian dan Manfaat Alkohol

Dalam ilmu kimia alkohol mempunyai pengertian yang lebih luas. alkohol atau alkanol merupakan istilah yang umum untuk senyawa organik apa pun yang mempunyai gugus hidroksil (–OH) dan terikat pada atom karbon. Atom karbon sendiri juga terikat pada atom hidrogen dan atau atom karbon lain.

Alkohol umum

  • Gliserin atau gliserol, propana-1,2,3-triol, HO-CH2-CH(OH)-CH2-OH yang terikat dalam  lemak alami dan minyak, yaitu trigliserida atau triasilgliserol
  • Etilena glikol atau etana-1,2-diol, HO-CH2-CH2-OH, yang merupakan komponen utama dalam antifreeze
  • Isopropil alkohol atau sec-propil alkohol, propan-2-ol, 2-propanol H3C-CH(OH)- CH3, atau alkohol gosok

Fenol merupakan salah satu jenis alkohol yang gugus hidroksilnya terikat pada cincin benzena. Alkohol sendiri diaplikasikan secara luas dalam bidang sains sebagai bahan bakar, pereaksi dan pelarut hingga dalam bidang industri. Selain itu alkohol juga dipakai secara bebas, yaitu sebagai spirtus yang lebih dikenal di masyarakat .

Pada awalnya alkohol dipakai secara bebas sebagai bahan bakar. Akan tetapi, untuk mencegah penyalahgunaannya pada minuman atau makanan, maka alkohol tersebut didenaturasi. Denatured alcohol sendiri dapat juga disebut dengan methylated spirit, karena itulah maka alkohol tersebut dikenal dengan nama spirtus.

Manfaat alkohol :

  • Pembunuh kuman
  • Sebagai penawar untuk racun metanol
  • Sebagai bahan bakar, alkohol primer etanol bisa dibakar untuk menghasilkan air dan karbondioksida, baik sendiri maupun di campur dengan petrol atau bensin.
  • Sebagai bahan baku formaldehid sebagai cairan pelarut seperti pernis

Etanol juga banyak diaplikasikan sebagai pelarut untuk melarutkan senyawa organik yang tidak dapat dilarutkan dengan air, seperti parfum dan kosmetik.

Sedangkan metanol dipakai untuk membuat senyawa-senyawa lain, seperti asam etanoat dan metil ester dari berbagai asams serta metanal atau disebut juga formaldehid kemudian dari senyawa-senyawa tersebut menjadi produk industri. Pada kendaraan bermotor alkohol metanol digunakan untuk bahan bakar mobil formula.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *