Pengertian Protein dan Fungsinya

Pengertian Protein dan Fungsinya – Protein adalah makromolekul yang tersusun dari beberapa atom seperti oksigen, nitrogen dan karbon serta beberapa jenis asam amino yang mengandung sulfur seperti sistein, metionin dan sistin. Protein juga dihubungkan oleh ikatan peptida dan berbentuk asam amino. Peran protein dalam makhluk hidup adalah fisiologis dan sebagai pembentuk struktur sel.

Pengertian Protein dan Fungsinya

Pengertian Protein dan Fungsinya

Protein adalah polimer yang dihubungan dengan ikatan peptida dari sekitar 21 asam amino yang berlainan. Keragaman asam amino rantai samping terbentuk dengan ikatan peptida. Keragaman asam amino rantai samping juga merupakan asam amino yang terbentuk dan disambungkan dengan protein yang berbeda kemudian menghasilkan sifat, struktur sekunder dan tersier yang berbeda. Sifat rantai samping yaitu polar dan nonpolar. Protein dapat meningkatkan kelarutannya dalam air apabila kandungan bagian asam amino polarnya tinggi.

Dalam siklus kehidupan manusia, protein merupakan zat pembangun yang penting. Kegunaan protein sebagai zat pembangun tubuh untuk kelangsungan proses normal dalam tubuh, memelihara dan mengganti sel tubuh yang rusak serta mencerna makanan. Salah satu contoh sumber protein adalah menu makanan sebagai zat tambahan darah untuk mengatasi dan mencegah anemia. Sumber protein lainnya dapat berupa telur, ikan segar, udang, teri, susu, daging serta kacang-kacangan dan hasil olahannya.

Fungsi Protein

Rasa yang disebabkan oleh kekurangan protein adalah tidak hanya lelah, lapar dan lemas tetapi juga membuat sistem kekebalan tubuh menurun. Protein sendiri terdiri dari asam amino atas polimer linear. Di dalam tubuh, terdapat kurang lebih 17 % dari jumlah seluruh polimer. Memelihara struktur tubuh seperti kolagen untuk kemudahan pergerakan, seperti untuk kontraksi otot pada actin dan myosin.

Fungsi protein sebenarnya ada banyak sekali. Dapat memberikan anda energi, protein juga sebagai zat gizi. Selain itu fungsi protein juga dapat menjangkau sistem enzim dan hormon. Hampir segala aktivitas yang dilakukan seseorang setiap harinya berhubungan dengan fungsi protein. Apalagi di setiap sel dalam tubuh manusia, protein merupakan salah satu zat yang penting.

Berikut ini beberapa fungsi protein bagi tubuh, antara lain :

  1. Sebagai pembentuk jaringan, dalam perkembangan tubuh dan masa pertumbuhan
  2. Dapat mengganti dan memperbaiki jaringan yang rusak atau mati serta memelihara jaringan tubuh
  3. Sebagai penyedia asam amino yang berguna dalam pembentukan enzim pencernaan dan metabolisme serta antibodi yang dibutuhkan.
  4. Sebagai pengatur keseimbangan air yang terdapat dalam tiga kompartemen. Tiga kompartemen tersebut yaitu intravaskuler, intraseluler dan ekstraseluler.

Selain itu fungsi protein sebagai zat gizi untuk memelihara dan membangun jaringan tubuh juga sudah dikenal sejak masa sekolah. Penyerapan jumlah protein oleh tubuh untuk pemeliharaan tersebut, tergantung pada keadaan kesehatan.

Contohnya orang yang mengalami kecelakaan, akan lebih membutuhkan asupan protein yang lebih dibanding orang sehat biasa. Selain itu bila anda sakit, hamil atau sedang menyusui akan lebih membutuhkan protein dalam jumlah yang besar.

Anda harus mengonsumsi protein dengan cukup untuk mengoptimalkan fungsi tubuh. Salah satu faktor yang mempengaruhi cukupnya asupan protein adalah berat badan. Bila telah mempunyai bobot yang ideal, asupan protein yang harus dipenuhi 46-75 bagi perempuan dan 56-91 gram bagi laki-laki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *