Teknologi di Bidang Kesehatan

Teknologi di Bidang Kesehatan – Perkembangan teknologi kini telah merambah ke berbagai bidang kehidupan termasuk kesehatan. Kini banyak pasien yang bisa lebih mudah dalam mendapatkan pelayanan kesehatan tanpa harus mendekatkan diri ke tempat pelayanan kesehatan. Sebab kini kita bisa mendapatkan pelayanan kesehatan cukup melalui aplikasi kesehatan secara online menggunakan smartphone kita.
Teknologi di Bidang Kesehatan
Selain itu kita juga dapat memesan obat, melakukan pemeriksaan laboratorium, dan perawatan di rumah melalui aplikasi kesehatan. Mungkin dulu pada era 90-an kita ada yang mengenal istilah telemedika atau telemedicine. Ini merupakan sebuah praktik pelayanan kesehatan yang dilakukan dengan memakai perangkat komunikasi baik audio, visual maupun data untuk kepentingan konsultasi, perawatan, diagnosis hingga pengobatan.

Kini ketika memasuki era milenium, bidang kesehatan kita telah mengalami banyak perkembangan. Hal ini ditandai dengan munculnya rekam medis hingga peresapan elektronik, selain itu kini juga semakin menjamurnya situs mengenai informasi kesehatan. Situs tersebut umumnya juga dilengkapi dengan fitur seperti konsultasi dokter dan apotik secara online. Bahkan kini berbagai informasi kesehatan juga bisa kita dapatkan melalui media sosial.

Prediksi Teknologi di Bidang Kesehatan Masa Depan

Selain memudahkan pasien dalam mendapatkan akses pelayanan kesehatan, perkembangan teknologi kesehatan juga berfokus untuk memudahkan dokter dalam mengobati pasien. Berikut beberapa teknologi di bidang kesehatan yang mungkin akan bisa diaplikasikan di masa depan :

1. Artificial Intelligence (AI)

AI atau Artificial intelligence merupakan sebuah kecerdasan buatan yang dapat memungkinkan mesin untuk melakukan berbagai tugas atau fungsi layaknya manusia. Untuk bidang kesehatan sendiri, AI dapat diterapkan pada chatbot atau asisten virtual yang akan bertugas sebagai administrator maupun customer service.

Selain itu AI dalam bidang kesehatan juga dapat diterapkan pada diagnosis penyakit maupun pemeriksaan khusus. Bahkan sekarang sedang dikembangkan AI untuk robot dengan tingkat ketelitian yang sangat tinggi untuk membantu dokter dalam melakukan operasi bedah.

2. Wearables atau Perangkat yang Dikenakan di Tubuh

Teknologi dalam bidang kesehatan juga menuntut akan adanya berbagai data yang relevan untuk diolah sehingga penggunanya bisa mendapatkan saran yang akurat. Mungkin kini Anda sudah tidak asing dengan gelang pintar atau wearables bukan, ini juga merupakan salah satu perkembangan dari teknologi kesehatan. Gelang ini dapat berfungsi untuk memantau aktivitas fisik, menilai pola tidur hingga mengukur detak jantung pemakainya.

Gelang ini bisa berfungsi seperti asisten pribadi untuk mengingatkan Anda ketika melakukan gaya hidup yang kurang baik. Selain itu gelang pintar ini juga bisa berfungsi untuk pemantauan real-time pada pasien dengan resiko tinggi untuk menilai seberapa besar peluang terjadinya penyakit serius. Contohnya adalah seperti pemantau kadar oksigen dalam darah pada alat oksimeter, atau sweat meter untuk mengukur jumlah kadar gula darah dalam keringat bagi penderita diabetes.

3. Perangkat Medis Berbasis Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR)

Teknologi kesehatan yang berbasis AR dan VR yang mengubah cara pasien dirawat dan diobati telah muncul pada 2018 lalu. Teknologi telah bermanfaat bagi anak autisme untuk belajar menjelajah dunia, sedangkan bagi pasien alzheimer maupun demensia membantu untuk memunculkan lagi ingatan di masa lalu dengan berbagai parameter. Sedangkan dalam pendidikan medis berguna untuk para calon dokter dalam mengasah keterampilan mereka dengan cara melakukan simulasi operasi yang rumit tanpa harus menggunakan manusia langsung.

4. Blockchain

Mungkin bagi Anda yang sudah pernah mengganti rujukan dokter umum ke dokter spesialis tentu sudah tahu betapa rumitnya mentransfer riwayat medis yang telah ada. Akan tetapi kini proses tersebut bisa dilakukan secara otomatis dengan menggunakan bantuan teknologi blockhain. Dengan begitu dokter dapat melihat riwayat medis pasien dengan lebih mudah untuk memberikan perawatan yang tepat bagi pasien.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *